RSS

GO blog

14 Nov
Lo padhe kagak salah ngunjungin ne blog, cz lo padhe bakal nemuin apa yg lo cari slama ne,

 butuh bukti liat aj entri gw,,,,,,,,,

Peran Bahasa Indonesia Dalam Kehidupan

“ KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGJOENJOENG BAHASA PERSATOEAN, BAHASA INDONESIA” itulah penggalan dari Sumpah Pemuda yang dicetuskan 28 Oktober 1928. Dicetuskannya Sumpah pemuda merupakan sebuah awal menjadikannya bahasa Indonesia sebagai bahasa Negara. Hingga saat ini tentu saja bahasa Indonesia memiliki fungsi dan peranan penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Agar semakin mencintai Bahasa Indonesia, ada baiknya kita mengetahui apa saja peranan bahasa Indonesia tersebut.
banner11
Bahasa Indonesia memiliki setidaknya dua peranan yang masing masing peranan memiliki fungsi. Peranan yang pertama yaitu peranan Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Negara dan perananBahasa Indonesia sebagai bahasa Nasional.
Seperti yang tercantum pada Undang-undang 1945, bab XV,pasal 36, tertulis bahwa Bahasa Negara ialah Bahasa Indonesia ”. fungsiBahasa Indonesia sebagai Bahasa Negara adalah :
– Sebagai Bahasa Resmi kenegaraan, artinya Bahasa Indonesia sering digunakaan dalam situasi-situasi formal. Seperti saat sidang MPR, dapat dibayangkan bagaimana bila pemimpin sidang tersebut menggunakan bahasa daerahnya tentu apa yang menjadi tujuan sidang tidak akan tersampaikan karena hanya sebagian orang yang mengerti.
– Sebagai bahasa Pengantar pendidikan, sama halnya seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Dalam situasi formal seperti di sekolah, pengunaan Bahasa Indonesiatentu sangat diperlukan agar isi informasi dapat tersampaikan. Walaupun tidak menutup kemungkinan seorang pengajar menggunakan bahasa daerah yang umum agar pembelajaran terasa lebih akrab.
– Sebagai Alat penghubung tingkat nasional, sebagai Negara yang terdiri dari berbagai suku bangsa, tentunya yang juga berbagai bahasa, dalam event nasional diperlukan bahasa penghubung yang dapat dimengerti oleh semua orang .
– Sebagai Alat pengembang Ilmu pengetahuan dan Teknologi, contohnya dalam sebuah skripsi atau tesis yang wajib menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.
fungsi Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Negara Nasional yaitu:
– Sebagai Lambang kebanggaan bangsa, tentu kita patut bangga pada Bahasa Indonesia karena tidak semua Negara di dunia ini memiliki bahasa nasional. Seperti Negara singapura yang didalamnya tidak menggunakan bahasa singapura melainkan bahasa inggris.
– Sebagai Identitas Bangsa, bila kita menggunakan Bahasa Indonesia di luar negeri masyarakat disana pasti akan langsung mengenali bahasa tersebut dari Indonesia karena tidak ada Negara lain yang menggunakan Bahasa Indonesia .
– Alat pemersatu dan penghubung antar daerah, artinyaBahasa Indonesia menjadi pemersatu bahasa Tradisionalyang terdapat di Indonesia.
Setelah mengetahui Bahasa Indonesia memiliki peranan penting bagi kehidupan, apakah kita semakin tertarik menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar? Muncul suatu pertanyaan “apakah sebenarnya yang dimaksud Bahasa Indonesia yang baik dan benar itu?”. Sesungguhnya pengertian bahasa yang baik dan benar bukanlah berarti kita mengunakan bahasa yang resmi dimanapun kita berada. Sebagai contoh, pernahkah kita merasakan canggung bila menggunakan bahsa Indonesia resmi dalam percakapan sehari-hari antar teman? Jawabannya tentu saja “ya”. Hal ini dapat menunjukan bahasa yang baik adalah bahasa yang pengunaannya tepat dan sesuai dengan situasi dan kondisi yang sedang terjadi. Sementara bahasa yang benar adalah bahasa konsisten menerapkan kaidah-kaidah bahasa semacam EYD.
Satu hal yang perlu kita garis bawahi adalah Kita perlu menyadarkan kembali diri kita akan pentingnya Bahasa Indonesiasebagai bahasa persatuan yang memudahkan komunikasi antar sesama, tidak perlu malu untuk menggunakan Bahasa Indonesiasehari-hari namun tentu saja tetap harus menjaga kearifan bahasa lokal.

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada November 14, 2011 in Uncategorized

 

One response to “GO blog

  1. beries boy

    November 27, 2011 at 4:49 pm

    mkash, udh bntu ak jwab soal UTS. HE

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: