RSS

Upgrade Prosesor Pada MotherBoard Dengan Socket 7

01 Des

Bagi Anda yang memiliki komputer dengan prosesor tua misalnya pentium 233 MMX ataupun sejenis lain. Berikut adalah cara untuk mengupgrade komputer Anda supaya dapsimalnyaat bekerja lebih. Sebab selama ini prosesor dengan pentium tua jarang ssekali dilakukan proses upgrade, dikarenakan sudah maksimalnya kemampuan motherboard mendukung sebuah prosesor (batas maksimal).

Berikut adalah sebuah solusi lain yang dapat Anda coba. Motherboard dengan soket 7, dapat diupgrade dengan prosesor AMD K6-2/III 400 MHz.
Hal ini dapat dilakukan karena setting prosesor tersebut memungkinkan prosesor tua seperti pentium 1 dan rekan-rekannya bekerja lebih baik dan lebih kenceng. Tentu saja ada beberapa hal yang harus diperhatikan:
Tegangan motherboard minimal 2,5 V. Sebab prosesor K6-2 memerlukan setidaknya 2,4 V. atau K6-III memerlukan setidaknya 2,2 V. Jadi biar aman siapkan yang lebih sedikit; asal tidak berlebihan. Jangan terlalu tinggi karena berisiko terjadi kerusakan. Semakin tinggi tegangan kemungkinan panas yang dihasilkan juga berlebihan, jadi perlu dipikirkan juga sistem pendinginnya. Cara merubah tegangan tersebut dapat dilakukan melaluui setting jumper motherboard. Biasanya ada yang tercetak langsung pada PCB motherboard dan ada juga yang tidak. Jika tidak ada cobalah liat manualnya.
Pengaturan FBS dan multiplier. Pada prosesor K6-2/III akan menganggap multiplier 2x sebagai faktor pengali 6x. Misalnya Anda mengatur setting FBS sebesar 66 MHz, maka prosesor akan berkecepatan FBS x multiplier (faktor pengali).
sehingga diperoleh: 66 MHz x 6 = 369 MHz = 400 MHz. Bagi yang motherboardnya mendukung FBS 75 MHz, Anda dapat memasang prosesor AMD K6-2/III dengan kecepatan 75 MHz x 6 = 450 MHz.
Pengaturan FBS dan multiplier ini juga terdapat pada PCB motherboard.


Supaya komputer Anda menjadi lebih dahsyat maka penambahan RAM haruslah dilakukan juga. Pada motherboard model lama yang menggunakan EDORAM pasanglah secara berpasangan dengan kapasitas yang sama, misalnya: bank0 16 MB dan bank1 16 MB. Bagi motherboard yang masih menggunakan DRAM dapat dipasang sembarangan. Dan sebagai tambahan EDORAM lebih cepat dibanding DRAM.
Ada beberapa motherboard yang terdapat dua jenis slot pemasangan memori; EDORAM dengan SDRAM. Sebaiknya menggunakan yang jenis SDRAM karena beberapa kelebihan yaitu: lebih cepat, kapasitasnya lebih besar dan dapat dipasang sembarangan pada slot memori.
Sebagai tambahan oleh karena Anda melakukan sedikit overclock pada prosesor AMD maka masalah panas haruslah diperhatikan. Pasanglah Thermal Paste yang baik dan gunakan HeatSink dan kipas yang memadai. Serta perhatikanlah aliran udara dalam casing.

Selamat Mencoba!

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Desember 1, 2012 in TEKNOLOGI

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: